Asal-usul Kata KEPO

Artikel kali ini adalah Asal-usul Kata KEPO. Banyak yang masih belum tahu dan bertanya sebenarnya KEPO itu apa sih ? KEPO adalah singkatan dari “Knowing Every Particular Object” jika kita translate-kan kalimat ini di google, maka artinya akan menjadi ini “Mengetahui setiap Obyek khusus”, dari artinya saja kita sudah ada bayangan apa yang dimaksud “KEPO” tersebut kan ?

KEPO adalah panggilan untuk orang yang keingintahuannya tinggi (rasa ingin tahu yang besar) ia ingin mengetahui secara mendalam, sedetil-detilnya dari banyak hal, apapun yang ia dengar atau ia lihat walaupun sekilat. Kehebatan KEPO ialah orang ini mengetahui banyak hal yang tidak diketahui orang, tetapi ia tahu karena ia mempunyai mata yang amat-amat jeli dan sangat tajam, orang ini mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, ini menjadikannya addict seperti nikotin alias kecanduan yang menyala-nyala dalam dirinya karena rasa keingintahuanya walaupun itu hanya masalah kecil, dan hal-hal inilah yang menjadikan kelebihan dan kekuatan seorang KEPO.

Kebiasaan orang KEPO ialah sering bertanya-tanya (karena sifat keingin tahuannya), memantau banyak orang secara diam, tenang (biasanya fase tenang ialah fase pemantauannya). Kebiasaan buruknya ialah jika ia bertanya ia akan terus bertanya-tanya sampai ia mendapatkan informasi yang diinginkan dan ini akan membuat orang lain itu kesal dan marah karena bertanya hal yang tidak begitu penting secara terus-menerus.

Contoh Kasus Pertama :

A: Teman 1
B: Teman yang dibicarakan
C: Teman 2
K: KEPO

A : si B sedang galau tuh
C : Masa’ sih ?
K : (Dengan pendengaran yang tajam, ikutan nimbrung) Galau kenapa tuh ?, Kok bisa ?, Masa
sih ?, Karena apa tuh ? (terus bertanya) . . . .
A & C : Busettttt kebanyakan nanya (KEPO) Loe !!

Contoh Kejadian (TKP) :

Di kelas murid SMK sedang sibuk mengerjakan soal dari gurunya.

K: (melirik dari ujung rambut ke ujung jempol kaki
semua teman-temannya)
A: (sangat sibuk mengerjakan tugas)
K: Bro, baju lu beda sendiri tuh, logo di kantong baju lu warna kuning
A: Waduh, yang bener lu ? (melihat ke kantong bajunya)
K: Iya kan ?
A: Seh, iya bener !, padahal dari tadi nggak ada yang
sadar, aih KEPO dia !!
K: wkwk, lu nggak bercermin emangnya daritadi ?

Kekurangan KEPO :

  • Jika ia tukang adu, fatal akibatnya (rahasia kita bisa terbongkar)
  • Terkadang sok tahu
  • Mengarang bebas (membuat cerita sendiri alias cerita imajiner)

Perhatian !

Jika orang yang KEPO ini tidak bocor (menyimpan semua rahasia di dalam dirinya) dia akan menjadi teman pendengar yang baik, akrab, dan juga memotivasi kita.

Nah, untuk orang KEPO jangan terlalu banyak tanya nih mulai detik ini, kalau mau bertanya yang penting-penting saja. Jangan bikin orang lain kesal dengan pertanyaan yang tidak begitu penting. Namun, jika Anda bertanya hal penting dan orang itu mengatakan Anda KEPO, berarti orang itu tidak mengerti apa itu pengertian KEPO atau memang tidak senang dengan Anda