Cara Melaporkan Website atau Blog Spam ke Google

Kali ini Saya akan memberitahu Cara Melaporkan Website atau Blog Spam ke Google.
Sehubungan dengan Algoritma Google Penguin versi terbaru yang telah rilis, istilah spam langsung populer. Maka setiap ada yang terkena spam langsung dikaitkan dengan Google Penguin. Tujuan update Google Penguin sendiri adalah menyingkirkan website (yang terindikasi melakukan spam) dari halaman pertama bahkan jika terlalu fatal bisa dihapus dari pencarian google alias deindex dan menurunkan pagerank web tersebut.

Cara Melaporkan Website atau Blog Spam ke Google

Sebelum Anda melaporkan situs yang melakukan spam tersebut, sebaiknya ketahui dulu apa itu spam. Spamming yang dimaksud di sini adalah sebuah teknik yang menyalahi aturan-aturan Google, contoh (Black Hat SEO), untuk mencapai halaman pertama google dengan menargetkan kata-kata kunci tertentu di search engine.

Berikut ini beberapa kriteria teknik web atau blog yang dianggap spam oleh google :
Menyembunyikan Teks atau Link

Menyembunyikan teks atau link dalam konten tertentu dapat menyebabkan situs Anda dianggap sebagai spam, karena menyajikan informasi yang pengunjung tidak membukanya sendiri dan dialihkan ke hasil yang berbeda. Link tersembunyi adalah link yang dimaksudkan untuk dirayapi oleh Googlebot, tetapi tidak bisa dibaca oleh manusia. Teks (seperti kata kunci berlebihan) dapat disembunyikan dengan beberapa cara, antara lain :

  • Menggunakan teks yang berwarna sama dengan background 
  • Termasuk teks di balik gambar yang berlebihan (title dan alt image)
  • Menggunakan CSS untuk menyembunyikan teks
  • Mengatur ukuran huruf menjadi kecil hingga tidak terlihat
  • Link disembunyikan dalam karakter kecil, misalnya tanda hubung (-) di tengah paragraf.

Cloaking, Sneaky Javascript Redirects, and Doorway Pages

1. Cloaking atau Sneaky Redirect, adalah teknik mengalihkan halaman post, yaitu ketika kita ada di halaman tersebut dan kita tidak sengaja klik yang ada di daerah post tersebut, yang akhirnya membuat kita diarahkan ke halaman lain. Bisa juga artikel yang kita cari tidak ada di blog tersebut.

2. Doorway Page, yaitu sebuah teknik mengelabui mesin pencari dengan kata kunci yang banyak, dengan perantara kode javascript tertentu. Biasanya blog semacam ini kurang berbobot dan artikelnya sedikit.

Dari pernyataan di atas, Anda pasti pernah melakukan pencarian di google, kemudian membuka beberapa situs, tapi artikel yang dimaksud tidak ada, padahal situs mereka berada pada rank dan page teratas google. Nah, itulah contoh situs spam. Bisa jadi mereka memakai teknik-teknik yang telah Saya sebutkan di atas. Namun, jika Anda menemukan situs seperti itu di hasil pencarian, dan menemukan kata-kata yang tidak terkait dengan judul artikel, jangan dibuka !

Jika Anda tidak suka dengan situs, web, blog yang merepotkan tersebut, di bawah ini cara mengatasinya.

Berikut di bawah ini cara melaporkannya :

1. Buka link https://www.google.com/webmasters/tools/spamreport
2. Setelah itu klik Laporkan webspam

Cara Melaporkan Website atau Blog Spam ke Google

3. Setelah itu Anda isi form yang tersedia dan ikuti petunjuk pada gambar

Cara Melaporkan Website atau Blog Spam ke Google
4. Jika Anda berhasil akan muncul peringatan seperti gambar di bawah ini
Cara Melaporkan Website atau Blog Spam ke Google
5. Jika ingin mengirimkan laporan kembali kepada website atau blog yang spam, ikuti tulisan yang dilingkari.
Perhatian !
  • Jangan menggunakan cara ini untuk kecurangan dalam memperebutkan posisi teratas di google
  • Jangan menggunakan cara ini untuk website atau blog yang tidak bersalah, karena akibatnya bisa fatal terhadap Anda sendiri, jika website atau blog yang Anda laporkan dinyatakan tidak bersalah.