Cara Mudah Memasang Dua RAM Card Pada Komputer atau Laptop

Artikel kali ini adalah Cara Mudah Memasang Dua Memory RAM Card Pada Komputer atau Laptop.
Untuk menambahkan memory RAM menjadi dua pada komputer tidak semudah, jika kita memasang satu memory saja. Pengalaman Saya yaitu mempunyai memory RAM 2GB dan Saya menambahkannya lagi satu keping memory 2GB dengan spesifikasi yang sama. Namun, ketika Saya pasang dua keping memory RAM lama dan yang baru dalam satu komputer, bukannya performa komputer menjadi lebih cepat, komputer Saya malah menjadi hang, layar menjadi blank dengan keadaan PC menyala tidak ada suara beep sama sekali.

Cara Mudah Memasang Dua RAM Card Pada Komputer atau Laptop

Apa kalian juga pernah mengalami hal yang sama seperti Saya ? Ini sebenarnya bukan salah kita yang tidak berpengalaman dengan komputer, tetapi ada sesuatu yang membuat komputer tidak mampu untuk menampung banyak hardware yang dipasang. Nah, agar memory RAM kita bisa dipasang dua keping ada hal yang harus diperhatikan di bawah ini.

Hal yang Diperhatikan Untuk Memasang Dua RAM Card Pada PC :

  1. Periksa kemampuan maximum memory pada motherboard PC Anda dengan baca buku panduan motherboard
  2. Agar optimal dan tidak mubazir, belilah RAM yang kapasitas kecepatan, kemampuan memory-nya sama dengan memory yang sudah ada pada motherboard komputer, misalnya jika tiap slot memory RAM spesifikasinya DDR3 PC10600 1333Mhz 2GB, maka janganlah membeli RAM di atas kecepatan maximal tersebut, harus sama merk atau spesifikasinya, biasanya tertera pada kepingan RAM tersebut
  3. Jika ternyata Anda sudah mempunyai RAM dan ingin menambah atau upgrade, carilah merk dengan kecepatan RAM yang sama. Namun, jika ternyata tidak menemukan merek yang sama, pilihlah RAM yang mempunyai kecepatan yang sama, beda merk tidak mengapa

Jika Anda sudah membeli RAM baru untuk ditambahkan pada komputer, tetapi ketika RAM dipasang ke komputer, komputer mengalami tidak bisa boot alias komputer menyala, tapi tidak ada tampilan apapun pada layar monitor atau blank di bawah ini ada beberapa solusinya.

Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Dua RAM :

  1. Coba cabut RAM lama dan pasang RAM baru pada slot tersebut, setelah itu pasang keduanya. Jika dipasang dua RAM komputer tidak menyala berarti komputer hanya bisa pakai satu RAM saja
  2. Coba setting pada BIOS di menu OC (setiap motherboard berbeda menu BIOS-nya, cari yang ada pengaturan RAM-nya) dan ubah posisi jumper pada motherboardnya (baca buku panduan motherboard)
  3. Pastikan dua RAM atau salah satu RAM tidak ada yang rusak dan masih dalam kondisi baik
  4. Coba letakkan memory pada setiap slot, jika ada slot yang rusak berarti Anda cuma bisa pakai satu slot saja
  5. Periksa tegangan power supply, biasanya jika terlalu banyak hardware yang terpasang pada komputer, maka salah satu hardware ada yang tidak terkena arus listriknya, seperti RAM, dan menyebabkan error pada komputer. Power supply tidak kuat memberikan daya yang banyak kepada setiap hardware. Jadi, saran Saya coba lepas DVD Rom, jika tidak terlalu dibutuhkan, restart PC dan lihat hasilnya.

Perhatian !

Untuk menjadikan RAM 2GB menjadi 4GB, kita harus menggunakan OS 64 bit, karena RAM 4GB sampai selebihnya itu hanya support di OS 64 bit, itu kalau tidak salah.