Pengertian Sitemap (Apa yang Dimaksud Dengan Sitemap ?)

Kali ini Saya akan memberitahu Pengertian Sitemap (Apa itu yang Dimaksud Dengan Sitemap ?).
Sitemap adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sama halnya dengan webiste pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalam situs itu sendiri, atau dari situs lain. Dalam sistem sitemap ini pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML langsung ke google yang akan membantu google mengindeks halaman web dengan mudah.

Pada dasarnya, langkah yang harus diterapkan oleh pengguna sitemap adalah :
  • Gunakan perangkat lunak untuk menciptakan peta situs (sitemap) dalam format XML google.
  • Integrasikan dan unggah ke situs web.
  • Beritahukan URL web ke google.

Dengan membuat dan submit sitemap, maka dapat dipastikan crawler search engine mengetahui halaman-halaman pada situs kita, termasuk URL yang bisa jadi tidak akan ditemukan search engine. Anda sangat disarankan membuat sitemap jika memiliki website dengan kontent yang berubah-ubah seperti blog yang senantiasa diupdate postingannya. Crawler search engine juga kesulitan mengindeks website yang mengandung banyak javascript, AJAX, atau website yang mengandung banyak Flash.

Bagi Anda yang baru membuat website atau blog yang belum pernah dikunjungi oleh crawler search engine sebaiknya membuat sitemap. Untuk membuat sitemap tidak begitu sulit, saat ini banyak website yang menyediakan pembuatan sitemap, bisa Anda cari di google. Anda hanya perlu mendaftarkan alamat website Anda. Setelah selesai, upload ke hosting situs Anda (blogger), biasanya search engine akan menemukan dengan otomatis atau bisa juga submit ke google webmaster tools.

Semoga Bermanfaat !