-->

Cara Reset atau Mengetahui Password Antivirus Avast yang Lupa


Kali ini Saya akan memberitahu Cara Reset atau Mengetahui Password Antivirus Avast yang Lupa.
Hampir semua antivirus di dunia memberikan pilihan kepada user untuk membuat password, guna mencegah perubahan pengaturan antivirus tersebut oleh pihak lain, mematikan fungsi real-time protection, dan uninstall yang tidak berhak. Namun bagaimana jika kita lupa dengan password yang telah kita atur tersebut ?

Cara Reset atau Mengetahui Password Antivirus Avast yang Lupa

Tidak semua antivirus memberikan kemudahan ini, karena menurut Saya hanya Avast yang memberikan cara reset password yang lupa dengan sangat mudah.

Avast Password Authorization

Gambar di atas menunjukan tampilan password authorization ketika user mencoba mengakses bagian yang terlindungi antivirus tersebut. Secara normal antivirus yang terproteksi oleh password tidak dapat di-uninstall tanpa password yang benar. Namun sepertinya antivirus Avast ini memberikan sedikit kemudahan.

Password dari Avast ini ter-enkripsi dan diletakkan pada file aswResp.dat. Nah, yang perlu Anda lakukan hanya menghapus file tersebut dari direktori %ProgramData%\Avast Software\Avast, tapi Anda tidak dapat menghapusnya dengan cara biasa karena secara normal setiap produsen antivirus akan mencegah perubahan file dan registry dari programnya.

Biasanya file atau registry yang menyimpan password akan disembunyikan. Anda harus bisa melihat file dan folder tersembunyi tersebut. Caranya :

  • Buka Control Panel → Folder Options → View tab → pilih "Show hidden files, folders, or drives".

Untuk menghapus file aswResp.dat ini ada 2 cara :

Cara Pertama (Menghapusnya dari Safe Mode) :

  • Restart komputer Anda dan pencet tombol F8 berulang-ulang, hingga muncul tampilan Advanced Boot Options
  • Pilih Safe Mode lalu tekan enter
  • Ketika Anda berada dalam Safe Mode, langsung saja tekan WIN+R untuk melakukan Run
  • Ketik "%ProgramData%\Avast Software\Avast", lalu enter
  • Hapus atau pindahkan file aswResp.dat, yang jelas jangan sampai file ini berada pada directory tersebut.

Cara Reset atau Mengetahui Password Antivirus Avast yang Lupa

Cara Kedua

Menggunakan software unlocker semacam IObit Unlocker untuk menghapusnya secara langsung jika menggunakan Safe Mode terlalu sulit bagi Anda.

Cara Reset atau Mengetahui Password Antivirus Avast yang Lupa

Cara Menggunakannya :
Klik kanan pada file aswResp.dat dan pilih IObit Unlocker dari context menu dan semuanya telah selesai. Mungkin dalam waktu ke depan, Avast akan memperbaiki bug-nya dan cara ini tidak dapat bekerja lagi. Untuk itu coba saja software ini sebagai pilihan cadangan.

Perhatian :

  • Jika cara di atas masih tidak bisa dan Anda baru membuat passwordnya atau belum memberikan password apapun, coba langsung tekan OK saja
  • Jika masih tidak bisa juga, gunakan tuneup utilities shredder untuk menghapus file aswResp.dat, bisa Anda cari di google.

Semoga Cara Reset atau Mengetahui Password Antivirus Avast yang Lupa bermanfaat untuk Anda semua.
", numPosts: 8, titleLength: "auto", thumbnailWidth: 250, thumbnailHeight: 170, noImage: "//3.bp.blogspot.com/-ltyYh4ysBHI/U04MKlHc6pI/AAAAAAAADQo/PFxXaGZu9PQ/w255-h170-c/no-image.png", containerId: "related-post-5180506524139575191", newTabLink: false, moreText: "Read More", widgetStyle: 3, callBack: function() {} };

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel