-->

Perbedaan Kuliah PTS dengan PTN


Kali ini Saya akan memberitahu Perbedaan Kuliah PTS dengan PTN.
Perguruan tinggi adalah satuan pendidikan penyelenggara pendidikan tinggi. Peserta didik perguruan tinggi disebut mahasiswa, sedangkan tenaga pendidik perguruan tinggi disebut dosen.

Perbedaan Kuliah PTS dengan PTN

Menurut jenisnya, perguruan tinggi dibagi menjadi 2 :

  • Perguruan tinggi negeri adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah.
  • Perguruan tinggi swasta adalah perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pihak swasta.

PTS dan PTN adalah entitas hukum yang berbeda dan tentunya terikat pada ketentuan dan peraturan yang berbeda. Demikian pula dalam halnya mengenai anggaran dan pendanaan yang dapat dikeluarkan oleh pemerintah kepada keduanya juga tentunya tidak dapat sepenuhnya sama. Namun, banyak sedikitnya tentu relatif sifatnya.

Dalam kompetisi untuk memperoleh dana-dana penelitian dan dana-dana beasiswa, dapat diikuti semua dosen, baik yang dari PTN maupun PTS. Memang PTN memperoleh BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri) sedangkan PTS tidak memperolehnya. Namun perlu diingat bahwa PTN terikat pada peraturan penggunaan uang negara yang amat ketat, tidak sebebas sebagaimana halnya di PTS.

Misal, PTS tidak perlu menyetorkan biaya kuliah mahasiwa kepada kas negara dan kemudian melaporkan penggunaannya kepada negara dengan aturan yang amat ketat. Di samping itu sebenarnya juga tersedia hibah-hibah dana bagi PTS yang dikenal dengan nama PHP-PTS. Penggunaan dana pendidikan dari APBN diputuskan melalui proses politik di DPR melalui pertimbangan yang sudah komprehensip dan tentunya mengikat kita semua.

Lainnya dari perbedaan kuliah PTS dan PTN

1. Biaya

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian besar calon mahasiswa tidak memilih perguruan tinggi swasta karena biaya kuliahnya yang mahal terutama mereka yang kurang mampu. Hal itu wajar karena perguruan tinggi swasta tidak disubsidi oleh pemerintah sedangkan perguruan tinggi negeri disubsidi oleh pemerintah. Perguruan tinggi swasta sangat menggantungkan diri mereka kepada biaya yang mereka dapat dari mahasiswanya dan lembaga yang men-support mereka.

2. Kualitas

Mind set sebagian besar masyarakat Indonesia termasuk orang tua kita sendiri menganggap perguruan tinggi negeri memilik kualitas lebih baik dibanding perguruan tinggi swasta. Penilaian tersebut didasarkan pada akreditasi perguruan tinggi negeri yang lebih baik dari perguruan tinggi swasta. Namun itu tidak bisa dijadikan acuan karena sebagus apapun akreditasi sebuah perguruan tinggi, jika diri kita sendiri tidak punya skill, bakat, ilmu pengetahuan yang luas, dan tidak kompeten, tetap akan sama saja. Semua tergantung kepada pribadi kita masing-masing, sanggup atau tidak kita menjalani hidup sebagai mahasiswa. Pernah di sebuah artikel, di situ dituliskan, perguruan tinggi negeri mendidik mahasiswanya cuma menjadi seorang peneliti sedangkan perguruan tinggi swasta mendidik mahasiswa untuk mencari pekerjaan atau mandiri.

3. Prospek Kerja

Kebanyakan lulusan baru masih minim pengalaman, di sinilah keunggulan lulusan perguruan tinggi swasta, mereka memiliki skill yang lebih bagus dari lulusan negeri karena mereka memang mempersiapkan lulusannya untuk menjadi tenaga kerja handal dan juga perguruan tinggi swasta lebih memiliki koneksi dengan perusahaan terkemuka.

4. Dosen atau Pengajar

Perguruan tinggi negeri dosennya berasal dari PNS sedangkan di perguruan tinggi swasta dosennya berasal dari berbagai latar belakang. Dosen di negei terikat dengan kurikulum pemerintah sedangkan di swasta dosen diberikan kebebasan untuk mengungkapkan ide-ide mereka asal tidak melampaui batas, sebenarnya dosen perguruan tinggi negeri juga ada yang mempunyai kebebasan menyalurkan ide-idenya.

Jika ingin tau lebih lengkap lagi, liat pada tabel yang Saya dapatkan dari sumber lain :

  • Buka disini

Kesimpulan :

Lulusan terbaik bukan dari lulusan Universitas Negeri atau Swasta terkemuka, melainkan bagaimana ilmu yang mereka dapat di bangku sekolah bisa diamalkan untuk orang-orang yang lebih membutuhkan bukan hanya sekedar membutuhkan. Itulah tujuan ilmu yang sebenarnya yang kita semua pelajari dari kecil hingga detik ini. Jadi untuk Anda yang tidak bisa melanjutkan ke PTN maupun PTS jangan berkecil hati, karena banyak orang yang sukses walaupun mereka tidak melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.
Iklan Atas Artikel
Iklan Tengah Artikel 1
Iklan Tengah Artikel 2
Iklan Bawah Artikel
"+m+"")}r.innerHTML=o+=""+m,g.callBack()}},r(g.homePage.replace(/\/$/,"")+"/feeds/posts/summary"+i+"?alt=json-in-script&orderby=updated&max-results=0&callback=randomRelatedIndex")}(window,document,document.getElementsByTagName("head")[0]); //]]>